Pertama kali mengenal sosial media ? Facebook !! #KisahDirga3

facebook sosial media yang ku kenal sebelum youtube,twitter dan instagram

Assalamu'alaikum wr wb.

Sosial media? apa arti sosial media?

Menurut Wikipedia Sosial Media adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi,berbagi,dan menciptakan isi meliputi blog,jejaring sosial,wiki,forum dan dunia virtual.

Blog,jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

2012

Tahun 2012 antara kelas 6 SD sampai kelas 1 SMP,
Saat itu di daerah ku tinggal sedang gencar-gencarnya game online,anak-anak mulai beralih dari rental PS2 menuju Warnet.

Beberapa game yang populer saat itu adalah Point Blank,Grand Chase dan Ayo Dance.

Dari game online aku mengenal platform email untuk pertama kali yaitu yahoo.com,email pertama yang aku miliki adalah dhirghastorm@yahoo.co.id,namun sampai sekarang aku tidak pernah ingat apa pasword yang ku gunakan haha..
Karna pada dasarnya aku membuat email yahoo hanya untuk mendaftar facebook,dan itupun dengan dibantu oleh salah seorang sahabat.

FACEBOOK

Tidak perlu aku jelaskan tentang apa itu facebook,karna kalian pasti sudah paham tentang facebook, aku akan lebih fokus untuk menceritakan pengalaman yang aku dapatkan dari facebook,baiklah langsung saja..

A. 2012 - 2013

Antara tahun 2012 hingga 2013 ada beberapa fenomena diantaranya :

1. Nama akun facebook alay dengan embel-embel pholepel,cllu ,cmungudh dll,ya mungkin hal ini dikarnakan kebanyakan pengguna facebook saat itu adalah remaja baru puber,yang masih alay dan mulai mengenal yang namanya cinta .

2. Banyaknya fanpage dan akun yang mengatasnamakan coboy junior atau membernya,paling banyak si Iqbal. Ya seperti kita tahu bahwa saat itu banyak boyband bermunculan,dah salah satu yang populer adalah boyband remaja Coboy Junior. Karna popularitasnya membuat para fans menjadikan nama Coboy Junior ataupun Personilnya sebagai nama FanPage untuk Fanbase,dan ada juga yang menggunakan nama mereka untuk kepentingan lainnya.

3. Hampir setiap orang upload status unfaedah,selalu curhat-curhatan dan seakan saling berlomba membuat status galau. Bila saat ini postingan difacebook sudah beragam,entah komedi,politik,iptek dan berbagai jenis lainnya. Sedangkan dulu postingan di facebook cenderung curhatan atau pesan pendek seperti "laper nih.." " duh lagi galau.." atau tulisan sejenis lainnya.

4. PP / Foto profil biasanya khas Emo,band emo atau band seperti A7X. Pada saat-saat itu scene musik rock,punk,emo cukup berkembang atau bahkan dengan gencar-gencarnya,gigs dan event bertebaran.

5. Mulai muncul FP lawakan,biasanya mengatasnamakan OVJ atau Sule. Dulu ada satu tayangan yang cukup populer yaitu Opera Van Java,sebuah tayangan hiburan komedi berkonsep drama opera,dan dari kepopuleran tersebut banyak yang menggunakan nama OVJ ataupun Pemainnya sebagai nama fanspage komedi agar dapat meraup banyak penggemar.

B. 2013 - 2014

1. Update status dengan tulisan Via Blackberry,walau sebenarnya tidak memakai Blackberry. Dulu saat android belum ada dan iPhone tidak terlalu terkenal di Indonesia. Blackberry adalah satu jenis brand smartphone yang cukup "bernilai' , dan sebuah kebanggan sendiri bila update status di Facebook lalu tertulis " status ini diperbarui sekian menit yang lalu melalui Blackberry. Berhubung saat itu tidak semua orang bisa memiliki Blackberry.. sehingga memacu otak kreatif netizen pada jamannya menciptakan facebook apps agar dapat update status Via Blackberry.

2. Android mulai menguasai pasar. Saat itu android diperkenalkan di Indonesia pertama kali melalui ajang sebuah pencarian bakat untuk mempertemukan personil yang nantinya di jadikan sebagai Boyband/Girlband dan mendapat pelatihan langsung di Korea. Brand android tersebut adalah Samsung galaxy,walau dulu kemunculannya masih dianggap sebelah mata namun sudah cukup menyita perhatian pecinta gadget jaman old. Entah mulai kapan.. Blackberry disukai banyak orang hanya karna fitus BBMnya,dan faktor itu pulanyang membuat Blackberry kalah dari Android,karna Blacberry memunculkan aplikasi BBM untuk Android dengan dalih melebarkan pasar.Namun yang terjadi malah pengguna banyak yang beralih dan memilih android sebab sudah bisa untuk BBM,kualitas kamera yang bagus,fitur canggih lainnya dan  bisa didapatkan dengan harga lebih murah.

3. FanPage MCI mulai berkembang dan FanPage Meme sejenisnya. Jauh sebelum negara api menyerang,MCI pure sebagai fanpage meme dengan konten asli MCI,konten yang lucu dan unik tanpa ada unsur porno,badword,sara ataupun politik.

4. Mulai muncul grup yang digunakam sebagai Forum Jual Beli. Seperti kita ketahui bahwa kemunculan situs Berniaga.com dulu sangatlah mengagetkan dunia marketing. Sebuah marketplace yang menawarkan konsep jual beli online. Nmaun berhubung saat itu berniaga hanya bisa diakses lewat jaringan internet Laptop atau Komputer,belum ada kemudahan tampilan untuk browser Mobile. Para pengguna Fb pun kreatif dengan menciptakan grup Facebook sebagai grup Jual Beli yang akhirnya kini sudah muncul fitur Marketplace tersendiri di Facebook.

C. 2014 - 2015

1. Mulai beredar foto dengan editan super duper jahat,dan pelopornya adalah aplikasi C360. Android berhasil menguasai pasar,fitur kamera menjadi primadona bagi bebrapa user android khususnya perempuan. Namun tanpa diduga,muncul sebuah aplikasi kamera yang bisa merubah penggunanyamenajdi lebih putih bahkan cenderung terlhat pucat. Walau seperti itu.. fitur kamera tersebut cukup booming pada masanya. Dan memunculkan banyak pro kontradalam dunia maya maupun nyata.

2. Standar keren anak muda bukan sekedar punya facebook,tapi juga harus punya BBM,entah lah.. aku punya facebook saat teman-teman sebayaku masih tidak tertarik sama sekali dengan internet. Bahkan bisa diblang aku adalah salah satu dari beberapa pengguna smartphone dikalangan teman-temanku. Namun aku tidak pernah mematok hal tersebut sebagai standar keren agar bisa bergaul. Tidak seperti mereka. Aku lebih nyaman dianggap biasa saja,tak peduli mereka akan anggap aku apa atau siapa,karna bagiku akan menjadi tamparan keras untuk mereka ketika mengetahui siapa aku sebenarnya.

3. FanPage Meme seperti MCI sudah satu tingkat menuju masa kejayaan. Ya.. pada saat ini sudah banyak orang yang mengenal MCI,bahkan banyak juga fanpage Meme plagiat dari MCI. Dan sejak saat ini mulai muncul drama diantara Admin MCI dan mulainya perubahan arah arus MCI dari positif menjadi negatif (menurut saya).

4. Mulai beredar bot auto komen. Entah tujuan awalnya apa,mungkin sekedar senang-senang atau ajang unjuk gigi dari para script kiddies agar bisa dianggap hacker karna bisa membuat sebuah script atau fitur tertentu walau sebenarnya hanya hasil copas. Namun bagiku sendiri bot komen tesebut cukup menganggu.

D. 2015 - 2016

1. Mulai muncul klik share komen amin masuk surga. Entah kapan,entah siapa dan entah darimana.. tiba-tiba saja banyak orang share postingan dengan berisi ganbar tertentu dan bercaption "klik share coment biar kita masuk surga" dan mendapat respon share,komen,dan like hingga puluhan ribu. Yang dimana berarti ada banyak sekali warga indoensia yang masih "bodoh dalam berinternet" .

2. Fanpage MCI dan MRCI sudah di masa kejayaan. Dua fanpage meme ini sudah cukup terkenal. Sudah mencapai puncak kejayaan, khususnya MCI yang sudah menjadi icon tersendiri bagi pecinta meme indonesia,sudah berhasil menerbitkanbuku yang bercerita kisah dibalik layar para admin MCI,dan pernah diundang juga di beberapa talkshow ternama.

3. Grup jual beli di facebook mampu bersaing dengan website seperti berniaga.com maupun tokopedia. Walau mungkin dari segi kemanan dan hal lainnya Marketplace besar sudah cukup lebih baik. Namun kemudahan untuk berjualan lewat Grup Facebook menjadikan ini sebagai alasan para penjual online banyak yang berjualan di Grup Facebook. Bahkan facebook sendiri sekarang telah menghadirkan fitur harga dan fitur lainnya agar Grup jual beli mirip marketplace. Dan untuk sekarnag sendiri Facebook sudah menghadirku halam marketplace tersendiri.

4. Mulai banyak yg mengeluhkan kamera jahat. Seperti yang kalian tahu bahwa kamerajahat memang sangat jahat. Yang kurang rupawan bisa menjadi terlihat menawan. Sisi burunya banyak terjadi penipuan cinta. Dimana saat berkenalan di Internet baik sang lakai-laki atau perempuan terlihat good looking ,tidak sesuai dengan yang ada di foto selama ini.

5. Mulai ramai share pin BBM di facebook. Pada dasarnya BBM adalah aplikasi chat pengganti SMS,dan kenyataannya BBM menjadi sosial media. Dari yang awalnya pin BBM dibagikan layaknya sebuah nomor telfon,itupun bila ada yang minta. Sedangkan sekarang pin BBM sudah dibagikan lewat facebook agar bisa mendapat banyak kontak baru,teman baru walau nantinya yang chat hanya orang-orang itu saja,orang yang sudah dikenal.

E. 2016 - 2017

1. Masih sama seperti periode 2015 - 2016 . Beberapa hal,beberapa trend masih sama seperti periode sebelumnya, dan interaksi penggunanya juga masih sama seperti sebelumnya.. belum terlalu banyak perubahan.

2. Fenomena klik share dan komen amin mulai viral. Hal yang tidak terduga..saking banyaknya hal seperti iniakhirnya memancing smart netizen angkat bicara tentang fenomena tersebut. Bahkan sampai dibahas di forum ataupun fanpage facebook.

3. Mulai muncul bocah main FB,dan sok jadi nakal di FB . Ya.. yang awalnya pengguna Facebook berkisar diantara remaja tingkat SMA/SMK hingga mahasiswa. Kini mulai muncul bocah belum baliq, semakin mudahnya internet diakses membuat semakin banyak orang yang bisa berada di dunia maya. Sayangnya mereka selalu berlagak sok nakal atau istilah jaman now Edgy , sok nge-sara , ada juga yang mengaku hacker.

4. Mulai muncul shitpost dan banyak beredar fanpage shitpost. Fenomena baru-pun muncul di Facebook yaitu suatu hal yang disebut Shitpost. Dimana shitpost sendiri merupakan bentuk baru dari sebuah meme,hanya saja gayanya yang berbeda.

5. Ramai bermunculan ADM. Artis Dunia Maya atau ADM adalahjuga fenomena baru di Facebook dimana bocah barumenganjak puber akan sangat senang dan bangga bila dikenal banyak orang sebayanya. Lalu aka mulai menawarkan chalenge seperti SN,BL,wall dan kegiatan alay lainnya . Ya mereka kadang melakukan SN yang artinya Sebut Nama,nanti si ADM akan membuat status memanggil nama kita sambil Tag akun FB kita. Ada juga BL yang artinya BoomLike dll . Kebiasaan unik lainnya dari mereka yaitu upload foto sambil pegang tutup lensa canon, yang entah apa faedahnya.

F. 2017-2018

Facebook jadi ladang menyebar hoax.
80% pengguna facebook adalah pendatang baru di dunia facebook ( biasanya orang tua yang mulai menggunakan smartphone ) dan bocah-bocah sok edgy ( biasa di sebut no life ) yang sok garang di Dunia maya.
Mulai beredar istilah normies,edgy wtf lah.
Mulai muncul fbwar antara cebong vs kampret.
Menjadi ladang perpecahan antar lapisan masyarakat indonesia.

Yah pada intinya masa Pilpres semakin dekat,dan dari kedua kubu persaingan baik dari tim sukses maupun para pendukung mulai panas. Segala jenis kampanye ada di sini. Dan faktor masih banyaknya yang belum terlalu pintar berinternet menyebabkan banyaknya HOAX yang mudah tersebar begitu saja.

INSTAGRAM dan TWITTER

Untuk 2 platform ini aku tidak terlalu mengikuti perkembangannya,karna aku sendiri tidak terlalu suka dengan fitur follow.

Tapi kalau untuk memilih salah satu,saya lebih memilih Instagram.

Twitter sendiri aku sudah mengenal sejak 2014,tapi mulai punya akun sendiri sejak 2015.
Itupun hanya sekedar membuat akun,dan sesekali liat twitwar politisi atau artis haha..

Kalau instagram sendiri aku cukup mengikuti perkembangannya,beberapa hal yang ku ingat dari instagram adalah :

1. Fenomena selebgram. Munculnya kakak ganteng dan kakak cantik yang mempunyai follower banyak,menjadikan mereka terkanl di Instagram,dan menyandang Selebgram. Dan Selebgramfavortku adalah @awkarin hehehe..

2. Fenomena chalenge chalenge unik tapi unfaedah, seperti turun naik chalenge . Ya.. entah sejak kapan dan entah siapa yang memulainya. Chalenge yang tak jauh dari menaridan bernyanyi pun bermunculan, Sayangnya kebanyakan dari chalenge tersebut justru berdampak negatif.

3. Banyak video cover yang viral dari instagram. Cover lagu mungkin sudah ada sejak lama,namun kebanyakan musisi sekarang mengwali hal tersebut dari Instagram. Ketika mereka mendapat respon bagus dari Instagram User maka mereka akan mulai beralih sedikit demi sedikit ke YouTube. Bahkan saking banyaknya cover lagu di Instagram membuat munculnya akun istagram khusus menampilkan cover lagu dari para musisi instagram.

Mulai banyak video video parodi
Fenomena instastory seperti wira nagara dan fiersa besari
Ajang pansos untuk para muser,tiktoker etc.
Penyalah gunaan fungsi jajak pendapat dan tanya jawab. Dan banyak hal lainnya..

Kurang lebihnya seperti itulah pengalaman saya seputar sosial media,apakah anda memiliki pengalaman yang sama dengan saya?

Wassalamu'alaikuvm wr wb.

0 Response to "Pertama kali mengenal sosial media ? Facebook !! #KisahDirga3"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel