Aku mulai sembuh dan perubahan Dirga.id #KisahDirga4

Aku mulai sembuh dan perubahan Dirga.id #KisahDirga4

Assalamu'allaikum Wr Wb

Bila kalian sudah cukup lama mengikuti ceritaku,maka kalian pasti sudah paham bahwa aku bukanlah tipe orang yang suka menganggur begitu saja.

Kalian pasti sudah paham bahwa aku suka melakukan apapun walau hanya dari handphone.

Dan saat aku sakit,berhubung aku tak mampu melakukan kegiatan apapun,aku akhirnya hanya dapat bermain handphone.. dan Dirga.id pun menjadi banyak perubahan.

Baiklah.. langsung aja akan ku ceritakan.

Aku Mulai Sembuh

Sejak ibuku berangkat pulang ke tangerang karna adikku sudah terlalu lama di tinggal,juga keadaanku yang mulai membaik.. aku juga merasa bahwa aku memang sudah mulai baikan.

Hanya saja lidahku masih ada beberapa titik yang sakit,lidaku masih ada beberapa titik yg "terluka" atau "mengelupas".

Dan itu terasa sangat sakit,membuatku susah untuk berbicara ataupun makan.

Keseharianku

Berhari-hari hanya bisa terbaring lemas di kasur,hiburan yang bisa ku dapatkan hanga dari handphoneku,sesekali menonton youtube,bermain facebook,twitter atau instagram.

Sampai suatu ketika,aku teringat dengan blogku Dirga.id ,aku pun bermain-main dengan blogku itu,dan saat itu blogku masih menggunakan Theme typology seperti yang aku ceritakan di

Tentang mengendalikan Ego dan matangnya konsep Dirga.id

Lalu aku seketika merasa bosan dengan tampilan saat itu,aku pun mulai berfikiran untuk mengganti tampilan yang ada pada saat itu.

Beberapa kali aku ganti theme,sampai akhirnya aku menggunakan theme  u Card - A Vcard wordpress theme.

Desainnya cukup menarik bagiku,simpel dan keren,aku pun hampir 3 harian menghabiskan waktu untuk mengoprek theme tersebut.

Fast Load

Salah satu postingan di sebuah grup facebook (kalau tak salah ingat),membuatku tertarik untuk mengoprek blogku agar lebih fast load,saat itu aku menggunakan hosting dari viewen,theme u Card,beberapa hal yang ku lakukan dalam "usaha agar fast load"

1. Setting .httacces dan sejenisnya,aku menambahkan beberapa script dan pengaturan lainnya,baik melalui httacces atau file lainnya,aku mengikuti petunjuk dari beberapa wen seperti centerklik,hostinger,idwebhost,domainesia dan beberapa web lain.. dengan keyword "mempercepat loading wordpress"

2. Penggunaan plugin,untuk plugin sendiri.. saat itu aku memakai Cache Enabler,dan ku aktifkan cdn shortpixel untuk gambar,plugin autoptimize.. plugin shortpixel untuk compress gambar.

Dan hasilnya bisa di liat di screenshot ini (mohon maaf saya melakukan test lewat smartphone) :





Untuk bebrapa lama aku merasa cukup puas dengan theme baruku itu,design hompagenya yang paling aku sukai.

Kembali ke Bloger

Setelah beberapa bulan aku menggunakan wordpress,mempelajari banyak hal tentang wordpress,cukup paham setting wordpress agar fastload dan cukup paham dengan SEO wordpress,aku ingin menggunakan Blogger lagi.

Ada beberapa alasan yang membuatku akhirnya memutuskan untuk menggunakan Blogger lagi.

Diantaranya alasan personal,kembalinya domain pertamaku www.catatanwardana.com,dan demi kemajuan Dirga.id kedepannya.

Bisa dibilang alasan personal adalah alasan terbesar yang membuatku ingin kembali menggunakan Blogger,aku ingin kembali ke tempat dan masa ketika aku merasa bahagia.. itu saja. Namun ternyata aku tak bisa,dan ini adalah caraku untuk mengenangnya.

Dan sejak perpindahan tersebut banyak yang menanyakan apa alasan pindah ke Blogger lagi,juga ada yang bertanya tentang kelebihan antar Blogger dan Wordpress,bila kalian mempunya pertanyaan yang sama bisa membaca postingan terbaruku ini :

dirgadotid dari Wordpress ke Blogger,apa sih bedanya?
Oh ya,dirgadotid sendiri mungkin sudah ada dari bulan Juli 2018.. Namun benar-benar aktif baru sejak pertengahan Oktober karna beberapa bulan belakangan ini aku sibuk dengan kegiatanku sehari-hari dan mengurus beberapa Situsku yang lain,juga persiapan karna aku akan segera merilis dua situs baru berbasis Wordpress dan Blogger,dan alhamdulillah walau dirgadotid hanya blog diary bahkan ssmpat terbengkalai.. setelah 2 bulanan ini benar-benar aktif blog ini mengalami kemajuan Alexa Rank yang pesat.

Dari Rank Global yang sebelumnya 15jutaan sekarang sudah di posisi 3.4jutaan dan Rank Local Indonesia yang awalnya sekitar 150 ribuan sekarang sudah di Posisi 48ribuan.

Beberapa hal yang ku lakukan dalam menaikan rank alexa adalah,

1. Perbaikan Brokenlink

Kalian bisa masuk ke webmaster dan cek pada tab Kesalahan Perayapan,maka di situ akan muncul daftar Brokenlink yang ada.. silahkan kalian hapus link tersebut dari webmaster dengan cara copy link tersebut dan buka Tan Hapus URL lalu dan submit kan untuk penghapusan.

Bila sudah semua silahkan kalian buka Blogger/Wordpress ,kalian setting agar halaman 404 dan brokenlink autoredirect ke hompage,dan untuk beberapa link yang relevan bisa kita direct manual.

2. Perbaikan Fast Load

Untuk tutorial Fast Load bisa cek Blog Kode Jarwo ,dan untuk Wordpress bisa cek di blog milik domainesia,hostinger,center klik atau bisa menggunakam jasa dari Sawal Walker atau menggunakan cara yang sama seperti yang saya lakukan di awal.

3. Backlink

Backlink ada banyak cara,entah teknik Edu dan Gov,PBN atau Guest Post.

Sedangkan backlink melalui widget atau halaman khusus partner/backlink sebenarnya kurang bagus.

Namun lebih bagus lewat metode Guest Post,atau tukar backlink dalam sebuah post,dan kalau bisa dibuat agar dianggap natural oleh Blogger,contohnya bisa di cek postingan saya berikut :

Kegiatan di hari Minggu,kenapa selalu mudik #MerantauStory3
Cari keyword berwisata,maka di situ telah tertanam backlink.

Mas Sugeng

Kembali ke blogger,maka kembali teringat dengan Mas Sugeng.

Dari dulu aku selalu tertarik dengan template blogger mas sugeng,entah kenapa.. aku merasa bahwa template karya Mas Sugeng memiliki daya tarik sendiri,bahkan sampai banyak yang mencari bajakan dari template Mas Sugeng tersebut.

Aku teringat.. dulu saat aku pertama jatuh cinta dengan Evo Magz,design nya simpel dan elegan pada masanya.. aku pun mencari-cari versi gratisnya alias bajakan.

Dan ketika Dirga.id kembali ke blogger,aku pun ingin membeli versi ori dari Evo Magz ke Mas Sugeng,namun berhubung sudah ada Vio Magz yang notabenenya merupakan penerus dari Evomagz.. dan dengan design yang lebih cocok untuk sebuah blog pribadi.

Akhirnya aku menggunakan Vio Magz,namun aku masih merasa kurang puas.. aku ingin memiliki tampilan blog yang berbeda dari yang lain.

Dan redesign pun solusinya,dibantu oleh Codepelajar,satu persatu bagian dari blogku mulai di redesign,dan untuk saat ini.. per tanggal 10 desember,dari segi tampilan,fitur,dan struktur blog ini sudah mencapai 70%.

Masih harus merapikan beberapa hal agar lebih fast load dan seo friendly,juga beberapa redesign agar tampilannya lebih keren lagi.

Ya.. ku rasa cukup sekian ceritaku kali ini,akan ku lanjut di cerita yang selanjutnya.

Wassalamu'allaikum Wr Wb

11 Responses to "Aku mulai sembuh dan perubahan Dirga.id #KisahDirga4"

  1. Dramatis banget gan prolog nya... Hehehe so far pembahasan di blog nya keren2 banget...

    BalasHapus
  2. Keren, dan terus berkarya..
    ditunggu lanjutan-lanjutannya...

    BalasHapus
  3. Wih, dibuat artikel blog aktifitas ngeblog nya

    BalasHapus
  4. Ditunggu autobiografi part selanjutnya :D

    BalasHapus
  5. Keren, ditunggu kisah selanjutnya bro

    BalasHapus
  6. menarik, beneran w baca dari awal ampe akhir, inspiratif sekali, btw sakit apa lu?

    BalasHapus
  7. Sungguh inovatif ceritanya.. Jdi semangt buat ngeblog meskipun baru terjun 3 blanan

    BalasHapus
  8. Mantap gan ... baru sekarang ane baca artikel sekeren ini

    BalasHapus
  9. Cerita pengalaman hidup yang penuh makna

    BalasHapus
  10. Mantap kali pengalaman nya👍 enggak bosan membacanya

    BalasHapus
  11. Saya jadi terinspirasi setelah membaca artikelnya.
    Izin bookmark supaya saya tidak lupa akan tipsnya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel