dirgadotid dari Wordpress ke Blogger,apa sih bedanya?

Assalamu'allaikum Wr Wb

Hay kalian,apa kabarmu saat ini?

Aku ingin membahas satu topik ringan,yang memang sudah banyak di tanyakan orang dan kebetulan ada salah satu komentar di blog ini yang mengingatkan saya dengan topik ini.

Baiklah, langsung ke topik ...

Kenapa dirgadotid kembali menggunakan Blogger?

Untuk salah satu alasan adalah sebuah alasan personal yang sedikit ku ceritakan di artikel ini


Aku Mulai Sembuh dan Perubahan Dirga.id #KisahDirga4

Untuk alasan lainnya,karna dirgadotid ini hanya sekedar blog diary, untuk situsku yang lain masih menggunakan wordpress,dan juga beberapa eksperimen yang ingin ku lakukan dengan dirgadotid,yaitu membuat beberapa atau mungkin banyak blog baru lalu ku pasangi subdomain dari dirgadotid.

Teknik yang akan ku gunakan itu adalah teknik yang lebih bagus daripada PBN,namun biasanya di gunakan untuk situs-situs magazine/news/atau situs besar seperti milik google.  Kalau versi lokalnya seperti Tribunenews atau Kode Jarwo..

Dan Sekarang aku ingin bereksperimen dengan teknik itu menggunakan dirgadotid.

Dan ini alasan yang terakhir,karna aku akan menggunakan teknik tadi maka kemungkinan akan mengalami bandwith yang naik dengan cukup signifikan,karna blogger unlimited bandwith maka aku untuk eksperimen aku menggunakan blogger. Apabila aku sudah bisa dan mampu mengatasi/mengontrol kenaikan bandwith yang signifikan baru setelah itu aku terapkan di situsku yang menggunakan wordpress selfhost.

Apa kelebihan Blogger dan Wordpress ?

Ketika membahas tentang ini,kita harus paham bahwa wordpress ada dua jenis.

Yaitu Wordpress.com dimana sistemnya seperti Blogger,kita hanya perlu email untuk mendaftar dan kita sudah mendapat hosting,sub domain wordpress.com dan berbagai tema gratis.

Kelebihan Wordpress.com ,hanya modal email kita sudah mendapat hosting,sub domain dan tema yang ada.. kita tinggal pakai.

Hanya saja Hosting yang kita dapat hanya berkapasitas 1GB kalau untuk bandwith sendiri sudah Unlimited,dan kalau kita ingin mendapat diskspace lebih banyak dan bisa menggunakan TLD harus upgrade layanan dan membayar sekian dolar setiap bulan/tahunnya.

Sedangkan Wordpress.org ( Self-Host ) adalah sebuah CMS ( Content Management System ) yang kita harus mempunyai hosting dan domain sendiri.

Ibaratnya Wordpress.org adalah Rumah,Hosting kita adalah Tanah yang kita miliki untuk membangun Rumah dan Domain adalah alamat jalan rumah kita agar lebih mudah di temukan.

Kekurangannya ya seperti sebuah rumah,kalau mau punya rumah luas ( Web dengan Diskspace dan Bandwith yang besar ) maka kita harus mempunyai tanah yang luas ( kita harus menyewa hostingan dengan space yang besar sesuai kebutuhan kita ).

Kelebihannya,bisa di gunakan dengan mudah,bisa di desain dengan mudah,pokoknya semua yang kamu lakukan hanya perlu drag and drop,tidak seperti Blogger yang harus membuat kita sedikit memahami dengan konsep HTML/CSS/JS dasar..

Blogger sendiri adalah platform untuk membuat sebuah blog dengan instan,modal akun gmail anda sudah bisa membuat banyak blog. Ya secara modal Blogger adalah layanan yang Gratis Total.

Kelebihan dari Blogger,hanya modal akun Gmail kita sudah bisa mendapat Blog dengan hosting dab bandwith unlimited.

Kekurangannya kita harus manual mengedit blog kita,kita harus sedikit paham Coding Dasar ketika ingin membuat/menambahkan fitur tertentu,atau kita ingin memperbaiki kualitas load dan seo dari blog kita.

Tidak seperti Wordpress.org yang cukup dran and drop,dan banyaknya bantuan plugin yang ada.

Mana yang lebih cocok untuk Pemula?

Kalau dari kemudahan makan Wordpress.org adalah yang paling mudah digunakan,tema gratis dengan tampilan elegan banyak,ingin mengedit tampilan/membuat situs kita fastload/atau kebutuhan lainnya bisa ditangani dengan Plug in.

Tapi kan kita perlu biaya untuk hosting domain?

Bila kamu serius maka kamu hanya butuh Domain saja,kamu bisa menggunakan hosting gratis dari Viewen.com sampai nantinya situsmu ramai atau sudah berkembang.

Viewen.com adalah layanan hosting gratis dengan fitur unlimited,kalian bisa menggunakan layanan tersebut sampai nantinya situs kalian ramai visitor,dan bila sudah ramai sudah berkembang Viewen.com akan memberikan 2 opsi.. Tetap menggunakan hosting mereka dengan membayar 2$ per bulan atau menyewa hosting di luar Viewen.

Jadi hosting tersebut bisa digunakan sampai nanti situs kalian bisa menghasilkan uang,baru Viewen akan memberikan 2 opsi tersebut.

Mungkin ini hal yang baru kalian dengar,hanya modal Domain sudah bisa membuat Situs menggunakan Wordpress.org.

Selain kemudahan dalam hal setting atau lainnya yang cukup drag and drop,untuk akses sendiri juga mudah,karna kini Wordpress sudah memiliki aplikasi Mobile yang bisa di download di Appstore dan Playstore,sehingga kita bisa menulis dan melakukan apapun terhadap situs kita.

Blogger sendiri bukan masalah pemula atau bukan,tapi tentang modal.. ketika kita menggunakan Blogger maka sebenarnya itu sudah berbicara tentang modal,antara modal dan pemula merupakan dua hal yang berbeda.

Bila kita ingin memiliki blog dengan modal yang sedikit maka Blogger adalah pilihannya,lagipula untuk tutorial dalam setting/edit/menambah fitur yang ada di Blogger ada banyak di Google.

Dan hanya modal Gmail kita sudah mendapat sebuah blog dengan subdomain dan hosting yang unlimited.

Dan juga secara kualitas Blogger sudah Cukup Powerfull.

Kalu Wordpress.com sendiri adalah penengah antara Blogger dengan Wordpress.org

Dimana dalam pengoperasian dan akses kita bisa mendapatkan kemudahan seperti di Wordpress.org,namun tak perlu memikirkan hosting karna 1GB pun sudah cukup untuk banyak artikel dan bandwith sendiri sudah Unlimited.

Ya.  sekian tulisan saya kali ini,semoga bisa menambah wawasan sahabat sekalian,terimakasih sudah mampir ke dirgadotid dan....

Wassalamu'allaikum Wr Wb

0 Response to "dirgadotid dari Wordpress ke Blogger,apa sih bedanya?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel