√4 Cara Instal Driver Windows 7 dengan benar dan cepat - dirga.id

4 Cara Instal Driver Windows 7 dengan benar dan cepat

4-cara-instal-driver-windows-7



Driver Windows 7 adalah sebuah perangkat lunak penting yang berfungsi untuk mengendalikan dan menjalankan berbagai fungsi yang ada pada perangkat lunak komputer atau laptop. Apabila satu driver dari satu perangkat keras tidak atau belum terpasang maka fungsinya tidak dapat digunakan.


Ketika kita melakukan instal ulang sistem operasi maka kita juga harus menginstal driver windows 7 dari perangkat laptop atau komputer kita,selama ini mungkin anda tidak memperhatikan ini atau anda baru pernah melakukan instal ulang sendiri karena sebelumnya selalu menggunakan jasa dari tukang servis laptop dan komputer untuk melakukan ini,lalu bagaimanakah cara instal driver windows 7 dengan benar?


Baca Juga : Cara Instal Ulang Windows 7 Tanpa Menggunakan Flashdisk atau CD


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek driver windows 7 apa saja yang sudah dan belum terpasang di sistem anda,ini agar lebih memudahkan kita untuk memilih driver apa saja yang kita butuhkan untuk di instal nantinya.

Cara untuk mengeceknya driver windows 7


- Buka File Explorer windows 7 di laptop atau komputer anda


buka-file-explorer



- Lalu klik kanan pada menu Computer dan pilih Manage


pilih-manage-computer


- Setelah itu akan muncul jendela Computer Management seperti pada gambar di bawah ini


jendela-computer-management


- Anda pilih menu Device Manager,di situ akan ditampilkan driver windows 7 apa saja yang seharusnya terpasang.


buka-device-manager


Bila ada yang belum terpasang biasanya ada peringatan berupa segitiga warna kuning dan tanda seru. Namun bila anda tidak menemukan itu bukan berarti driver sudah terinstal,anda harus mengecek apakah yang sudah terpasang saat ini sesuai dengan spesifikasi yang sesuai dengan laptop atau komputer anda.


Misal untuk driver VGA,anda buka dibagian Display Adapter bila laptop anda sudah mendukung VGA Intel HD Graphic maka driver yang terpasang seharusnya juga sama sesuai spesifikasi yang anda miliki,namun bila belum sesuai dan tampilan display dari windows masih terlihat sederhana itu tandanya driver belum terpasang dengan benar.



1. Instal Driver Windows 7 Secara Manual



Pada cara yang pertama ini adalah cara manual menginstal driver windows 7 yang bisa kamu lakukan,namun ini hanya cocok bila hanya satu atau dua driver saja yang belum terpasang. Bila masih banyak yang belum terpasang maka lebih baik kamu langsung melihat cara no 2,3 dan 4.

Baiklah,bila anda hanya membutuhkan satu atau dua driver untuk di instal maka cara manual ini adalah yang terbaik,karena anda tidak perlu menunggu dalam waktu yang lama atau mendownload file yang besar.
Dalam cara manual ini ada 2 cara yang bisa kamu lakukan tergantung sumber masalah atau penyebanya.

a. Scan for Hardware Changes




scan-for-hardware-changes-driver-windows-7



Anda bisa melakukan ini bila anda memasangkan perangkat tambahan seperti flashdisk,harddisk eksternal usb keyboard atau mouse namun laptop atau komputer tidak merespon sehingga anda belum bisa menggunakannya.

Anda cukup memilih driver windows 7 dari perangkat mana yang akan anda pasang pada menu device manager lali klik kanan dan pilih Scan for Hardware Changes. Tunggu beberapa saat hingga windows menyelesaikan proses pemindaian pada perubahan yang terjadi di perangkat keras.

b. Update Driver Software


Kalau ini adalah pilihan yang bisa anda lakukan untuk driver windows 7 yang bukan dari perangkat tambahan alias perangkat keras dari laptop atau komputer anda. Bila anda memiliki driver untuk fungsi bluetooth,audio atau yang lainnya belum terpasang maka ini cara termudah yang bisa anda coba untuk di lakukan.

Dengan menggunakan metode Update Driver Software kamu akan diberi pilihan untuk memasang dari perangkat milik anda atau windows akan mencarikannya secara online. Kita anggap saat ini sedang melakukan instal ulang sehingga kita memilih untuk mencari driver secara online,yang kita butuhkan hanya koneksi yang lancar dan secangkir kopi untuk menemani kita menunggu hingga proses pencarian dan pemasangan selesai. Untuk langkah-langkahnya bisa lihat di gambar berikut ini :


- Klik kanan pada perangkat yang kamu pilih,lalu klik Update Driver Software


update-driver-software-windows-7


- Pilih Search Automaticaly blablabla.. seperti di gambar berikut ini lalu klik next



search-automatically-driver-update



- Kita tunggu hingga proses selesai karena windows sedang mencarikan software yang sesuai secara online,lama waktu tergantung pada koneksi internet yang anda gunakan


windows-sedang-melakukan-update


- Bila jendela sudah menampilkan seperti hal berikut berarti pencarian sudah selesai anda cukup mengeklik close


driver-windows-7-selesai-terinstal


Mungkin ini memang cara yang cukup simpel dan praktis karena anda tidak perlu berlama-lama berselancar di internet untuk mendownload,namun ada kondisi tertentu yang membuat anda tidak bisa menggunakan cara ini.


Oleh karena itu bila anda masih belum berhasil,silahkan coba ikuti tutorial yang selanjutnya.

2. Mendownload manual semua driver


Ini bisa di bilang sedikit ribet karena anda harus mengunduh satu persatu driver windows 7 yang anda butuhkan,namun cara ini cukup ampuh agar anda bisa menggunakan driver terbaik yang sesuai dengan fungsi perangkat anda,sealin itu mendownload dari situs resmi milik brand laptop atau komputer anda memungkinkan anda untuk terjauh dari virus dan malware berbahaya yang mampu merusak keadaan perangkat.

Misal anda menggunakan laptop dell vostro 1310,maka anda cukup membuka google dan mengetik kata kunci " Driver windows ( merk dan tipe dari perangkat anda )


mendownload-driver-laptop-windows-7-manual



Lalu pilih hasil pencarian yang berasal dari website resmi sesuai merk,nanti akan ada pilihan driver sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan lalu anda bisa memulai mendownload


mendownload-driver-laptp-windows-7-manual


Pada gambar tersebut,ternyata driver windows 7 tidak tersedia untuk Dell Vostro 1310. Hal ini wajar terjadi untuk semua merk laptop keluaran lama khususnya 2008 ke bawah. Bila anda mengalami hal yang sama seperti di atas maka anda bisa langsung membaca tutorial yang selanjutnya di bawah.

Sedangkan untuk laptop keluaran terbaru,pada umumnya tahun 2012 ke atas maka akan ada banyak pilihan sesuai sistem operasi,anda bisa melihat contoh pada gambar berikut.




driver-windows-7-lenovo-think-pad-x240




Pada contoh di atas saya menggunakan laptop Lenovo Thinpad X240 yang memang tergolong masih muda,sehingga kompatibilitas sistem operasi cukup banyak. Disitu ada banyak pilihan driver windows 7,8 atau 10. Bila anda menggunakan laptop tipe baru maka anda akan menemukan banyak pilihan seperti di atas.

3. Menggunakan DriverPack Solution

Mungkin ini cara yang paling banyak di gunakan oleh banyak orang saat menginstal driver windows 7,yaitu menggunakan software DriverPack Solution. Memang driverpack ini berisi banyak data untuk segala jenis perangkat itulah sebabnya memiliki ukuran file sampai 15GB.

Ada dua pilihan untuk menggunakan ini,yaitu secara online dan offline.

a. DriverPack Solution Online


Anda buka terlebih dahulu situs resminya => DriverPack Solution ,lalu pilih Pasang semua driver yang di butuhkan ,lali anda akan dibawa ke sebuah halaman untuk mendownload file installer yang berfungsi sebagai perantara saat kita akan memasang driver secara online




driverpack-online




download-driverpack-online




Bila anda sudah selesai mengunduh,sekarang anda buka folder dimana file installer berada,untuk memulai menjalankannya anda klik kanan pada file bersktensi .exe tersebut dan pilih Run As Administrator




folder-download-driverpack-online




menjalankan--driverpack-online




Nanti software akan memindai driver windows apa saja yang anda butuhkan,bila sudah selesai maka akan muncul jendela seperti berikut,anda pilih pasang semua otomatis




instal-driverpack-online




Anda hanya tinggal menunggu hingga proses download dan instal selesai. Lalu reboot perangkat anda.
Baca Juga : 3 Cara Membuat Flashdisk Bootable Windows 7 dengan Mudah

b. DriverPack Offline


Disini anda membutuhkan 2 software yaitu UltraIso dan DriverPack.iso. Untuk file iso bisa anda unduh di situs resmi milik DriverPack,setelah anda selesai melakukan pengunduhan anda hare "mount' file iso menggunakan UltraIso.

Untuk Download dan penginstalan UltraIso dan cara mount file anda bisa membaca di sini.

Sekarang kita buka ke virtual disk dari UltraIso ,lalu anda klik dua kali pada file DriverPack.exe untuk mulai menjalankan aplikasi tersebut


driverpack-offline




Ketika anda pertama membuka Software maka DriverPack akan melakukan pemindaian driver apa saja yang dibutuhkan,bila usdah maka akan muncul jendel seperti berikut,anda klik perbarui semua untuk memulai




menjalankan-driverpack-offline


Anda akan di bawa ke jendela seperti berikut ini untuk memilih driver apa saja yang ingin anda pasang,ada juga beberapa program yang bisa anda pasang bila memang anda butuhkan.



instal-driverpack-offline


Bila anda sudah memilih semua yang anda butuhkan,sekarang anda klik mulai pemasangan. Anda hanya tinggal menunggu hingga proses selesai lalu reboot perangkat anda.


Baca Juga : Cara membuat halaman sitemap blogger di VioMagz


4. Menggunakan EasyDriver by WanDrv

Untuk ini adalah cara termudah dan paling cepat yang bisa anda lakukan,anda cuku mengunjungi situs milik WanDrv,lalu memilih berdasar sistem operasi yang anda inginkan. Karena kita akan menggunakan windows 7 maka download driver versi windows 7 32bit atau 64bit sesuai yang anda gunakan di WanDrv by Itiankong

- Bila anda sudah selesai mendownload,anda buka file EasyDrv.


- Klik Run As Administrator Pada WanDrv.exe

- Lalu akan mulai berjalan pemindaian sistem,bila sudah selesai anda bisa memilih
driver mana saja yang anda mau install

- Lalu klik intsal dan proses akan berjalan

- Bila sudah selesai anda tinggal reboot perangkat anda

Untuk gambar petunjuk penggunaan bisa anda lihat di bawah ini :

Ya.. itulah cara terbaik untuk menginstal driver windows 7 dengan benar,pastikan anda sudah melakukan ini semua dengan benar agar setiap fungsi yang ada di laptop atau komputer anda bisa berjalan dengan baik.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel