√Cara Instal Ulang Windows 7 Tanpa Menggunakan Flashdisk atau CD - dirga.id

Cara Instal Ulang Windows 7 Tanpa Menggunakan Flashdisk atau CD

cara-Instal-ulang-window7-tanpa-flashdisk-an-cd


Mungkin biasanya kamu melakukan instal ulang windows 7 menggunakan flashdisk atau CD Driver. Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya kamu bisa menginstal ulang laptopmu tanpa menggunakan flashdisk bootable atau juga CD yang berisi ISO Windows.

Cukup langsung melalui laptop atau komputer yang kamu gunakan.itulah cara menginstal ulang windows 7 tanpa menggunakan flashdisk atau CD,ada baiknya anda menggunakan perangkat bootable seperti flashdik atau CD.

Pada dasarnya untuk menginstal windows di perangkat komputer atau laptop bukanlah hal yang sulit,asalkan kita sudah tahu caranya pasti bisa. Yang terpenting ada flashdisk atau cd yang sudah dijadikan perangkat bootbale.

Baca Juga : Cara Mengecek Nomor Seri ICCID Kartu Tri dan Semua Operator

Namun bila keadaan memaksa anda untuk menggunakan cara ini karena mungkin tidak ada yang bisa dijadikan perangkat bootable maka pastikan anda megikuti langkah-langkah tadi dengan benar.

Tentang Windows 7

Windows 7 adalah penerus atau versi terbaru dari seri sebelumnya yaitu Windows Vista. Ini merupakan seri terakhir dari sistem operasi windows yang memiliki menu start. Pertama kali di rilis untuk pabrikan komputer dan laptop pada 22 Juli 2009. Dan 3 bulan setelahnya,22 Oktober 2009 Microsoft secara resmi meluncurkan sistem operasi ini ke pada publik.

Windows 7 memiliki 6 (enam) seri berbeda yang mempunyai fungsi khusus masing-masing,diantaranya :
  • Windows 7 Starter
  • Windows 7 Home Basic
  • Windows 7 Home Premium
  • Windows 7 Professional
  • Windows 7 Enterprise
  • Windows 7 Ultimate
Bila kamu membeli laptop baru dari pabrikan resmi biasanya disertai dengan windows 7 Home Basic karena memang mempunyai beberapa fungsi yang di optimalkan untuk penggunaan rumahan,seperti mengerjakan tugas anak sekolah atau hal ringan lainnya. Terkadang juga ada yang sudah menggunakan Windows 7 Professional atau Enterprise. Namun untuk yang paling populer adalah seri Ultimate,karena ini merupakan yang paling lengkap dari segi fitur,kegunaan dan kompatibilitasnya.

Pengertian Bootable Drive

Bootable Drive adalah sebuah perangkat keras yang bisa kita gunakan sebagai media untuk melakukan booting installer sistem operasi. Pada umumnya berupa kepingan CD,dan sudah kita dapatkan saat kita membeli perangkat komputer atau laptop dari official store atau retail resmi lainnya.

Namun bisa juga menggunakan flashdisk bila kita sudah mempunyai perangkat komputer atau laptop,sehingga kita hanya perlu membeli lisensi resmi windows 7 dari website Microsoft. Lalu kita melakukan penginstalan menggunakan flashdisk sebagai media installer bootingnya.

Bisakah Menginstal Windows 7 tanpa Bootable Drive?

Pada dasarnya kita sudah terbiasa mengenal dua istilah dalam metode pemasangan sistem operasi,yaitu Instal Ulang atau Re-Install  dan Clean Install . Lalu? apa bedanya dari ke dua metode tersebut?

a. Instal Ulang atau Re-Install

Mungkin orang-orang mempunyai pengertian dan pemahaman yang berbeda tentang metode ini,namun pada dasarnya sama. Instal Ulang atau Re-Install adalah sebuah proses pemasangan ulang sistem operasi pada sebuah perangkat penyimpanan ( harddis atau lainnya ) yang sebelumnya sudah terpasang sistem operasi. Biasanya ini dilakukan dalam upaya memperbaiki keadaan sistem operasi sebelumnya yang rusak sehingga membahayakan keadaan perangkat komputer atau laptop. Bisa juga dalam rangka memperbarui versi sistem operasi atau upgrade ke versi terbaru.

Baca Juga : 3 Cara Membuat Flasdisk Bootable Windows 7 dengan Mudah

b. Clean Install

Sama seperti sebelumnya,semua orang mempunyai pendapat yang berbeda namun pada kenyataannya memiliki pemahaman yang sama. Yaitu, Clean Install adalah proses pemasangan sistem operasi ke dalam sebuah perangkat penyimpanan komputer atau laptop yang masih kosong,atau juga yang sebelumnya sudah berisi sistem operasi namun di lakukan format data sehingga menghilangkan semua file yang ada di dalam penyimpanan tersebut termasuk sistem operasinya.

Dari kedua metode tersebut tentu membutuhkan sebuah perangkat keras yanh akan digunakan sebagai media bootable atau installer sistem operasi,biasanya menggunakan flashdisk atau cd. Namun bagaimana jadinya bila kita tidak mempunyai satu perangkat penyimpanan pun yang bisa kita jadikan sebagai bootable drive? Apakah kita bisa melakukan instal ulang windows 7 tanpa menggunakan windows 7 tanpa flashdisk atau cd ? Tentu saja bisa ! . Berikut ini tutorialnya .

Cara Instal Ulang Windows 7 Tanpa menggunakan Flashdisk atau CD 

Pertama-tama kita harus mempersiapkan beberapa alat dan bahan yang akan kita gunakan untuk melakukan instal ulang :


  • ISO Windows 7
  • UltraIso
  • Driver Windows 7

Pastikan bahwa anda sudah menyiapkan tiga hal tersebut.

1. Install Ultra Iso




  • Selanjutnya kita buka folder download/tempat dimana file Installer dari UltraIso tersimpan.



  • Kita instal software UltraIso dengan mengeklik 2 kali pada file .exe yang sudah kita download tadi. Lalu akan muncul jendela aplikasi seperti berikut. Pilih Next



  • Di sini kita pilih i accept the agrement , yang artinya kamu setuju dengan persyaratan yang berlaku ketika kamu menggunakan software ultraiso tersebut. Kamu bisa membacanya di kotak yang ada di jendela aplikasi tersebut. Bila sudah klik Next



  • Disini kamu plih direktori mana atau partisi mana yang akan kamu jadikan sebagai tempat penyimpanan/instalasi dari software tersebut.  Bila tidak ada kepentingan atau kebutuhan tertentu maka biarkan itu sesuai settingan default. Dan software akan terinstal di partisi C . Anda klik Next saja dua kali





  • Lalu disini kamu akan diberi pilihan tentang pengaturan apa saja yang akan kamu lakukan dengan software ultraiso ini,bila kamu ingin merasakan semua fiturnya maka beri ceklis semuanya ,lalu klik Next



  • Disini kamu klik Next saja,lalu proses instalasi akan berjalan.



  • Bila proses pemasangan software sudah selesai maka akan muncul seperti ini,kamu hapus ceklis yang ada lalu klik Finish




2. Instal Ulang Windows 7

Bila kita sudah selesai memasang software UltraIso sekarang kita langsung melanjutkan ke penginstalan windows 7,pastikan anda sudah mempunyai file .ISO nya. Bila belum silahkan cek disini => Download Windows 7 Disc Images ( ISO Files ) 


  • Kita buka folder tempat kita menyimpan File ISO Windows setelah selesai mendownloadnya


  • Klik kanan pada file iso tersebut



  • Lalu pilih Mount Disk untuk mengirim file ke virtual disk dari ultra iso sehingga kita bisa melakukan penginstlalan windows 7 tanpa flashdisk atau cd



  • Kita buka menu Computer,lalu cari drive dari virtual disk UltraIso ,dan buka disk tersebut


  • Sekarang kita cari file setup.exe ,itu merupakan file instalasi windows 7 yang akan kita gunakan. Klik dua kali pada file setup windows 7 tersebut.




  • Nanti akan muncul jendela seperti berikut,anda klik Install Now untuk memulai pemasangan Windows 7. Sampai sini pasti anda sudah familiar bukan dengan tampilannya? Karena memang sama seperti proses instal ulang saat kita menggunakan bootable disk. Hanya saja saat ini kita melakukannya tanpa flashdisk atau CD installer windows.



  • Disini anda pilih Do Not Get The Latest Update ..... lalu akan next ke langkah berikutnya



  • Lalu anda centang pada I Accept The Agrement ,yang artinya anda menyetujui ketentuan dan persyaratan yang berlaku sebelum melakukan instal ulang windows 7 di perangkat komputer atau laptop anda.




  • Seperti pada penginstalan biasanya,anda pilih Custom Installation



  • Lalu anda akan di bawa ke menu pemilihan disk drive seperti berikut ini,biasanya pada proses instal ulang menggunakan perangkat bootloader anda harus melakukan format drive c. Karena ini adalah bagian partisi harddisk yang biasa digunakan untuk sistem. Namun dalam proses instal ulang windows 7 tanpa menggunakan flahsdisk atau cd ini anda tidak perlu melakukan itu. Penghapusan data akan dilakukan terakhir.



  • Proses instalasi windows anda akan berjalan. Prosesnya sama seperti biasa,bedanya nanti setelah anda selesai baru ada pilihan untuk mengatur bahasa dan waktu. Saya anggap anda sudah paham dengan langkah selanjutnya karena hanya perlu mengeklik Next.



  • Bila semua proses tadi sudah selesai,anda sudah mengatur format bahasa dan waktu dan sudah berada di desktop windows. Sekarang anda buka file explorer dan pilih Drive C. Anda akan menemukan folder dengan nama Windows.old. Itu adalah folder yang berisi data lama dari sistem windows anda sebelumnya. Itulah yang perlu anda hapus sehingga tadi saya bilang proses format akan dilakukan terakhir.



  • Anda klik kanan pada folder tersebut lalu pilih Delete. Mungkin proses penghapusan folder akan berjalan sedikit lama,tergantung dengan besarnya file yang ada di sistem windows 7 lama anda.




Sekarang anda sudah selesai melakukan Instal Ulang Windows 7 Tanpa Menggunakan Flashdisk atau CD. Bagaimana mudah bukan? anda tidak perlu lagi repot-repot mebuat perangkat bootloader atau kebingungan untuk mencari flashdisk drive untuk installer.

Baca Juga : 8 Cara optimasi dan mempercepat template Viomagz versi 3.0 terbaru

Yang perlu anda lakukan sekarang adalah menginstal driver yang anda butuhkan untuk menjalankan setiap fitur dari perangkatt laptop atau komputer anda agar mampu berjalan dengan baik.

3. Instal Driver Windows 7

a. Apa itu Driver Windows 7 ?

Mungkin masih ada yang berlum tahu pengertian dari driver yang dimaksud. Pada dasarnya driver adalah sebuah software atau perangkat lunak yang bergunan untuk menjalankan fungsi-fungsi perangkat komputer,ini merupakan sebuah pihak ketiga yang menjadi jembatan penghubung antar User atau Pengguna ketika menjalankan/menggunakan fitur khusus tertentu pada perangkat laptop atau komputer mereka.

b. Fungsi Driver

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa Driver berfungsi sebagai penghubung antara perintah dari pengguna kepada komputer atau laptop mereka yang akan di jalankan oleh sistem operasi,dalam hal ini Windows 7. Beberapa driver biasanya sudah terinclude di dalam file installer iso milik windows. Namun itu biasanya hanya untuk fungsi-fungsi utamanya saja agar komputer atau laptop anda bisa di jalankan setelah melakukan pemasangan sistem operasi windows.

Untuk fitur khusus seperti webcam,fingerprint,touchpad,wifi,audio,grafik,printer,usb,atau yang lainnya memerlukan driver terpisah yang bisa anda download dari situs resmi laptop anda atau situs milik perangkat yang akan anda pasang.

c. Cara Instal Driver Windows 7


Cara menginstal Driver Windows 7 Cukup Mudah,anda bisa menggunakan fitur bawaan windows untuk mencarinya secar otomatis. Menggunakan bantuan software atau perangkat lunak yang berisi banyak driver. Biasanya orang menggunakan DriverPack Solution atau Easy DriverPack by WanDrv. Anda juga bisa mengunjung situs resmi dari pabrikan laptop atau komputer yang anda miliki. Biasanya disana tersedia lengkap driver yang bisa anda download dan digunakan berdasarkan jenis perangkat apa yang akan anda gunakan sehingga proses instalasi driver sesuai yang anda butuhkan. Juga tersedia berbagai pilihan format aplikasi berdasarkan sistem operasi yang anda gunakan.

Anda bisa membaca tutorial tentang cara instal driver windows 7 di sini => 4 Cara Install Driver Windows 7 dengan Benar dan Cepat

Penutup


Itulah cara instal ulang windows 7 tanpa menggunakan flashdisk atau cd. Pada dasarnya langkah-langkah yang ada lakukan sama,tidak ada bedanya dengan proses instalasi windows 7 bila menggunakan disk installer seperti usb flashdisk atau cd/dvd driver installer. Anda hanya tidak perlu membuat perangkat bootloader,tidak perlu setting bios dan yang lainnya.

Harap anda melakukan langkah-langkahnya dengan benar,agar tidak terjadi hal-hal yang tidak anda inginkan dan tentunya tidak akan terjadi hal kendala apapun dalam proses instal ulang windows 7 di perangkat laptop atau komputer yang anda miliki. Selamat Mencoba

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel