√6 Penyebab dan Cara Mengatasi Submit Sitemap Error di Google Webmaster atau Search Console - dirga.id

6 Penyebab dan Cara Mengatasi Submit Sitemap Error di Google Webmaster atau Search Console

Saat kita membuat sebuah situs web atau blog pasti kita akan mengatur agar tampilannya responsive,memiliki waku loading yang cepat dan berbagai optimasi lainnya agar SEO. Karena bila SEO merupakan faktor yang sangat penting agar artikel yang kita miliki bisa tampil pada hasil pencarian.

Penyebab-dan-cara-mengatasi-sitemap-error
cara mengatasi sitemap error di webmaster / search console


Tapi bukan sekedar melakukan optimasi SEO saja,kita haru mendaftarakan situs yang kita miliki ke Webmaster,khususnya Sitemap atau Peta Situs. Namun terkadang saat kita melakukan submit sitemap di Search Console ada kendala atau error yang terjadi sehingga membuat kita bingung. Selain itu,bila file sitemap error akan membuat kualitas blog kita menjadi buruk di mata Google. Dan artikel yang ada juga sulit terindex

Oleh karena itu kita harus memperbaiki agar sitemap yang kita submit ke Google Webmaster atau Search Console tidak lagi error.

Tentang Sitemap / Peta Situs


Pengertian

Sitemap atau Peta Situs merupakan komponen penting dalam sebuah situs web dan blog,dengan adanya sitemap bot-crawl milik Google menjadi lebih mudah merayapi semua struktur situs kita. Sehingga web atau blog yang kita miliki lebih cepat untuk terindeks dan mudah ditemukan dalam hasil pencarian search engine.

Baca Juga : Cara memasang script expired header untuk mempercepat loading blogger

Fungsi

Seperti yang di jelaskan di atas. Bahwa Peta Situs digunakan agar robot perayap milik Google lebih mudah saat merapi situs kita. Sehingga situs dan artikel yang ada akan muncul di hasil pencarian saat orang mengetikkan suatu kata kunci pada mesin pencari.

Misalkan kita memliki situs blog,dan di dalamnya ada banyak artikel yang membahas tentang cara membuat blog,mendesain template atau seputar blogging lainnya. Pasti di dalamnya ada banyak sekali kata kunci. Dengan adanya peta situs robot perayap akan lebih mudah untuk menemukan semua kata kunci tersebut. Sehingga bila orang lain mengetikkan kata kunci yang terdapat di situs kita,maka situs tersebut akan muncul di hasil pencarian.

Baca JugaCara memasang script Lazy Load gambar di blogger agar loading lebih cepat

Cara Mengatasi Error Saat Submit Sitemap

Sebelum kita menuju ke cara memperbaiki error saat submit sitemap di Search Console,kita harus tahu terlebih dahulu jenis errornya dan apa penyebab dari error tersebut. Karena beda penyebab maka beda cara dalam penanganannya juga.

Penyebab Sitemap Error

a. Penyebab Sitemap Error pada Blog Baru

Belakangan ini ada kasus serupa dan pernah saya alami juga yaitu error pada saat submit sitemap untuk blog baru. Peringatan yang muncul adalah 1 Error. Sedangkan saat itu belum ada artike apapun dan untuk template masih belum di edit. Sehingga membuat saya cukup bingung. Pesan error yang muncul kurang lebih seperti berikut ini :

error-saat-submit-sitemap-ke-google-webmaster

cara-mengatasi-sitemap-error-di-sarch-console-google

Bila anda mengalami kendala error seperti pada gambar tersebut saat melakukan submit sitemap ke Webmaster Google ( Sejak tanggal 28 Maret resmi berubah menjadi Google - Search Console Tools ) maka ada 3 kemungkinan penyebabnya.

1. Umur Blog yang masih Prematur

Umur masih prematur dalam hal ini artinya blog anda baru saja dibuat,entah ini benar atau tidak. Namun dari pengalaman saya saat beberapa kali membuat blog baru dan dari permasalahan teman saat mereka membuat blog baru,hal ini terjadi karena blog baru saja dibuat sehingga terjadi error seperti pada gambar di atas.

Baca JugaCara Memasang Tombol Load More Post Ringan Pengganti Page Navigation Blogger

2. Struktur Blog yang belum Rapi

Saat kita baru membuat blog,biasanya kita belum sempat mengatur struktur yang ada di blog kita,seperti mengedit menu dan sub-menu yang ada di navigasi header. Atau bagian tertentu lainnya. Sehingga situs yang kita miliki masih memiliki struktur tema yang berantakan dan membuat peta situs sulit untuk di akses.

3. Belum Ada Artikel

Bila seorang yang pertama kali membuat blog pasti langsung membuat artikel,baru setelahnya mencari cara seputar SEO,template dan kebutuhan lainnya. Tapi bila orang yang sudah terbiasa membuat blog pasti artikel menjadi bagian terakhir setelah situs benar-benar siap.

Ketika kita masih belajar membuat blog kita akan fokus dalam menulis konten,baru setelahnya kita tahu bahwa mendaftarkan situs ke webmaster dan submit sitemap itu penting. Karena kita sudah mempunyai beberapa artikel akhirnya saat proses submit kita tidak menemui error apapun.

Namun bila kita sudah terbiasa membuat blog maka kita akan lebih mempersiapkan bagaimana caranya agar situs kita bisa langsung terindex di Google. Kitapun lupa untuk menyiapkan artikel dan langsung mendaftarkan peta situs dan menemui kendala tersebut.

Lalu bagaimana cara menanganinya?

Tenang nanti akan saya membahas bagaimana cara menangani error pada Search Console Google saat kita mendaftarkan situs dan melakukan submit sitemap,saat ini kita akan membahas terlebih dahulu penyebab dari kesalahan perayapan tersebut. Langsung saja.. kita lanjut ke pembahasan dari poenyebab error yang selanjutnya.

Baca JugaCara membuat halaman form kontak blogger di VioMagz

b. Penyebab Sitemap Error : Jumlah Artikel Terkirim dan Terindeks yang Berbeda


Mungkin ini adalah permasalahan yang sering terjadi pada blog baru maupun blog yang sudah lama,yaitu error pada jumlah artikel terkirim dan terindeks yang berbeda. Apakah penyebabnya? ada beberapa penyebab dalam permasalahan ini,diantaranya :

1. Struktur Template kurang Rapi dan SEO

Penyebab pertama yang membuat artikel kita belum terindeks semua adalah struktur template yang sulit dirayapi. Beberapa template gratisan atau bajakan yang beredar di internet biasanya sudah memiliki struktur yang diubah sehingga mengurangi kulitas SEO pada situs yang menggunakannya. Atau sebuah template blog yang pada dasarnya bersifat premium sehingga harus membeli agar bisa menggunakan semua fiturnya namun si pembuat juga menyediakan versi gratis. Nah.. disini biasanya sang pembuat atau biasa disebut sebagai "Author / Creator " membatasi fitur dari template versi gratis yang mereka bagikan.

Faktor-faktor tersebutlah yang membuat blog kita sulit dirayapi dan artikel lama untuk di index. Mulai dari struktur yang tidak rapi sampai fitur-fitur tertentu yang masih di "kunci" .

Apakah kita bisa menangani permasalahan ini? Tentu saja,kita akan membahas cara menangani sitemap error nanti,sekarang kita bahas tuntas terlebih dahulu setiap jenis permasalahan dan penyebab-penyebabnya.

2. Bot-Crawl milik Google belum selesai melakukan perayapan pada situs kita

Untuk permasalahan yang kedua ini bisa dibilang adalah permasalahan alami/dasar. Yaitu bot-crawl belum selesai melakukan perayapan. Apa penyebabnya? ada 2 penyebab pada permasalahan ini yaitu Internal dan Eksternal. Berikut ini penjelasannya :

  • Penyebab Internal
Bila melihat pada penyebab internal,maka faktor yang menyebabkannya adalah Struktur Template seperti yang kita bahas sebelumnya. 

  • Penyebab Eksternal
Seperti yang kita tahu  bahwa di Internet ada ribuan bahkan jutaan situs,dan dengan banyaknya situs yang tentu membuat bot-crawl "cukp sibuk" sehingga lupa atau terlewat unntuk melakukan perayapan di bloh kita.

Apakah semua jenis error pada sitemap saat kita submit ke Google Webmaster bisa dibenarkan?


Tentu saja bisa,namun setiap permasalahan yang anda temukan tentu memiliki solusi yang berbeda,itu sebabnya anda harus memperhatikan tutorial yang akan saya berikan. Agar apa yang anda praktekkan sesuai dengan error yang anda hadapi. Baiklah langsung saja :

Cara Memperbaiki Sitemap Error di Google Search Console / Webmaster


1. Mengatasi Peta Situs Error karena Blog Masih Baru


Untuk solusi yang satu ini anda cukup melakukan submit ulang,namun setelah beberapa hari dari masa pembuatan,misal anda membuat blog pada hari sabtu maka anda tunggu hingga senin atau minggu untuk melakukan submit ulang.

2. Mengatasi Peta Situs Error karena Struktur Template Blog

Ada 3 cara dalam mendapatkan struktur tema yang rapi pada blog anda seperti :

  • Mengisi setiap komponen penting pada template yang anda gunakan,misal pada menu atau submenu yang terletak di header navigasi. atau menu-menu lainnya menyesuaikan jenis template yang anda gunakan.
  • Menerapkan Shema Markup , beberapa template khususnya yang ilegal atau tersebar secara gratis di Internet biasanya belum mendukung fitur ini sehingga anda perlu untuk membetulkannya. Namun mungkin akan sulit menerapkan Schema Markup karena setidaknya anda harus mempunyai kemampuan coding dasar.
  • Mengganti template dengan yang premium. Ya tentu saja,dengan menggunakan template premium anda sudah akan mendapat tema yang sudah teroptimasi dari segi SEO atau yang lainnya. Beberapa template yang banyak digunakan Blogger dan teruji adalah Evomagz dan Viomagz dari Mas Sugeng. Atau Kompli Flexible dan Kompi Magazine dari Kompi Ajaib. Bukan berarti template premium lainnya kurang bagus namun dari segi support dan pengalaman saya saat mengamati Mastah Blogger mereka banyak menggunakan templat tersebut.

Baca Juga8 Cara optimasi dan mempercepat template VioMagz versi 3.0 terbaru

3. Mengatasi Error saat Submit Sitemap karena belum ada Artikel

Sama seperti pada permasalahan nomor 1,anda hanya perlu melakukan submit ulang,namun dalam keadaan sudah terisi artikel dan jangan pada hari yang sama setelah anda membuat blog. Jadi anda sekarang membuat blog ( misal ini hari sabtu ) anda siapkan 3 artikel dan terbitkan di hari Minggu , Senin dan Selasa,bila sudah di hari Selasa atau Rabu baru anda melakukan submit ulang.

Sebenarnya tidak ada parameter atau aturan yang pasti untuk jumlah artikel dan umur blog saat mengalami error,namun berdasarkan pengalaman yang saya lakukan. Cara tersebut adalah yang berhasil memperbaiki kendala saat melakukan submit di google webmaster.

Karena selain umur blog yang sudah tidak prematur,juga isi artikel yang terupdate membuat blog menjadi lebih hidup.

4. Mengatasi Error Jumlah Artikel Terkirim dan Artikel Terideks Berbeda saat Submit Peta Situs

Bila anda mengalami permasalahan ini tentunya da 2 solusi dalam menanganinya,tergantung dari faktor internal atau eksternal,berikut ini pembahasannya :
  • Faktor Internal : Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa untuk faktor internal biasanya karena masalah Struktur Tema,dan solusinya bisa dengan menerapkan Schema Markup ataupun menggunakan template premium yang sudah SEO Friendly dan mendukung fitur Skema Data Terstruktur.
  • Faktor Eksternal : Kalau untuk faktor eksternal anda cukup melakukan submit ulang sitemap dan Featch As Google atau Inspect URL . Setelah itu anda tunggu minimal 1x24 jam atau maksimal 7 Hari maka jumlahnya akan normal dan antara Artikel Terkirim dengan yang Terindeks akan memiliki jumlah yang sama.

Dengan perbedaan penyebab masalah saat anda mendaftarakan blog ke Google Search Console tentunya anda membutuhkan solusi yang berbeda untuk memperbaikinya,sehingga anda harus memperhatikan dengan benar Tutorial Mengatasi Submit Sitemap yang Error,agar bisa mendapat solusi yang terbaik.

Baca JugaCara Submit Sitemap yang SEO dengan Benar ke Google Webmaster / Search Console

Karena bila proses pendaftaran berhasil,kita mempunyai satu langkah yang memudahkan situs agar terindex di mesin pencari miliki Google,sehingga kita bisa mendapatkan visitor.

Selain melakukan submit sitemap di Webmaster,anda juga perlu membuat halaman peta situs di blog anda,selain untuk memudahkan robot perayapan halaman ini juga mampu membantu pengunjung untuk menemukan setiap artikel yang ada di web kita,bila anda pengguna paltform Blogger dan Template VioMagz anda bisa membaca tutorial berikut :  Cara membuat halaman sitemap blogger di VioMagz ,agar bisa membuat halaman peta situs yang ringan dan SEO Friendly.

Baiklah cukup sekian tutorial kali ini tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Submit Sitemap Error di Google Webmaster atau Search Console ,selamat mencoba .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel