√Cara Submit Sitemap yang SEO dengan Benar ke Google Webmaster / Search Console - dirga.id

Cara Submit Sitemap yang SEO dengan Benar ke Google Webmaster / Search Console

Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet,khususnya di Indonesia. Dimana orang-orang lebih menyukai Google Search Engine karena memang sudah familiar untuk digunakan sehari-hari. Mudah dipahami dan tata letaknya yang sederhana. Sehingga pengguna internet baru-pun dengan cepat bisa memakainya.

cara-submit-sitemap-seo-yang-benar
Cara Submit Sitemap yang SEO


Ada banyak cara untuk mendapatkan pengunjung di blog yang kita miliki,seperti share di sosial media,menjadi guest post di blog milik orang lain,menyebar tautan menggunakan email atau yang lainnya. Namun akan menjadi lebih bagus lagi bila kita bisa mendapat visitor organik,apalagi bila anda seorang Publisher Adsense. Visitor yang organik mampu membuat nila CPC adsense anda meningkat,merampingkan alexa rank dari blog kita,dan berbagai kelebihan lainnya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Visitor Organik?


Tentunya kita haru melakukan optimasi SEO baik dari struktur blog atau juga artikel yang kita buat,namun walau semua itu sudah SEO bila kita belum juga mendaftarkan situs dan sitemap ke Webmaster Goole maka kita tetap akan kesulitan mendapat visitor organik. Walau sebenarnya Google sudah mampu melakukan index pada blog namun membutuhkan waktu lama.
Sehingga kita perlu mendaftarkan blog kita lalu melakukan submit sitemap ke Google Webmaster agar mesin pencari lebih memprioritaskan situs tersebut dan bot-crawl bisa lebih cepat melakukan perayapan.

Cara Melakukan Submit Sitemap


Baiklah sekarang kita akan melakukan submit sitemap yang SEO agar artikel anda bisa cepat terindex,namun disini anda harus perhatikan di mana anda melakukan submit sitemap. Bila anda pengguna baru maka anda akan langsung menggunakan Search Console Tools sedangkan pengguna lama masih bisa menggunakan Webmaster Tools.

Apa bedanya Google Webmaster Tools dengan Search Console Tools ?

Sebenarnya sama saja,Google Webmaster Tools adalah versi lama dari Search Console Tools,dimana fitur tersebut akan segera ditutup pada 28 Maret 2019 dan setelahnya hanya akan ada Search Console Tools. Baiklah berikut ini cara submite sitemap blog :

a. Cara Submit Sitemap di Google - Search Console Tools



  • Pertama,pastikan bahwa anda sudah mendaftarkan terlebih dahulu situs anda di Search Console. Bila belum silahkan anda daftar dahulu bila sudah maka langsung saja buka Search Console


  • Lalu pilih Masuk



cara-submit-sitemap-di-search-console-google-baru
proses ke search console tools untuk submit sitemap



  • Setelah itu anda masuk ke menu Peta Situs



submit-peta-situs-di-search-console-agar-seo
cara submit sitemap yang seo di search console miliki google



  • Lalu Submit sitemap dengan format seperti berikut :


sitemap.xml


feeds/posts/default?orderby=updated


atom.xml


  • Bila sudah silahkan anda refresh

Baca Juga6 Penyebab dan Cara Mengatasi Submit Sitemap Error di Google Webmaster atau Search Console

b. Cara Submit Sitemap di Google Webmaster Tools


Sedangkan ini cara melakukan submit peta situs menggunakan webmaster google yang merupakan versi lama dari Google Webmaster Tools dan hanya pengguna dengan akun lama saja yang bisa membukanya,bila akun anda masih baru maka hanya mampu membuka Search Console Tools.

Baiklah berikut ini cara submit peta situs di webmaster :

  • Buka Google Webmaster ,dengan cara memilih menu Buka Versi Lama yang ada di Search Console

buka google webmaster versi lama untuk submit sitemap


  • Lalu pilih menu Perayapan > Peta Situs > Tambahkan/Uji Peta Situs

pilih-menu-perayapan-untuk-submit-sitemap


  • Nanti akan muncul sebuah kotak seperti berikut :

kotak-untuk-submit-peta-situs


  • Silahkan anda isi dengan format sitemap seperti yang ada di atas.bila sudah ada refresh

Itulah tadi cara submit sitemap yang SEO dan benar agar blog lebih mudah terindeks di mesin pencari,dan kenapa harus ada tiga sitemap? sebenarnya bila anda melakukan submit hanya dengan satu format saja suduh cukup. Beberapa blogger biasanya hanya melakukan submit dengan format sitemap.xml ,namun bila anda ingin lebih SEO dan cepat terindeks maka gunakan tiga format yang sudah saya sebutkan di atas.

Bila proses submit sudah selesai,anda tinggal menunggu antara 1x24 jam atau bisa sampai 7 hari agar semua artikel terindeks. Tergantung jumlah artikel yang ada di blog anda. Dan nanti baik situs maupun artikel yang anda punya sudah bisa ditemukan di hasil pencarian miliki Google. Selamat Mencoba

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel