√3 Cara mengecek Nomor Seri ICCID Kartu Tri dan Semua Operator - dirga.id

3 Cara mengecek Nomor Seri ICCID Kartu Tri dan Semua Operator

cara mengecek nomor seri ICCID


Seperti yang kita tahu bahwa sekarang di Indoensia setiap pemilik kartu sim seluler mewajibkan pendaftaran ulang menggunakan data yang valid yaitu NIK yang ada di KTP dan Juga Nomor Kartu Keluarga. Namun ada juga yang menggunakan Nomor Seri ICCID, di Operator Tri contohnya. Namun kenyataannya masih banyak pengguna khususnya pelanggan operator Tri yang belum paham apa yang dimaksud dengan ICCID.

Pengertian Nomor Seri ICCID


ICCID ( Intergrated Circuid Card Identifier ) adalah sebuah serial number pada sebuah kartu sim seluler yang terdiri dari 19 hingga 20 digit angka dan berfungsi untuk mengidentifikasi data dari kartu sim tersebut. Beberapa operator seluler hanya memberikan 13 digit serial number ICCID pada kartu sim mereka.
Nomor Seri ICCID sudah terpasang di setiap kartu sim seluler sejak pembuatannya,dan ini sudah di atur berdasarkan Undang-undang Internasional tentang Telekomunikasi yang tercantum di International Telecomunication Union E.118

Dimana berisi aturan dari fungsi nomor seri ICCID,yaitu untuk mencatat setiap informasi penting yang ada di kartu sim seluler seperti nomor yang terpasang,identitas pendaftaran dan pembuatan,identitas perusahaan pembuat kartu sim tersebut,kode negara berasal. Setiap kartu sim akan tertanam nomor seri ICCID setelah melewati masa pembuatan.

Bagaimana Cara Mengecek Nomor Seri ICCID?


Pada dasarnya sangatlah mudah untuk mengetahui nomor seri ICCID kartu tri yang anda gunakan atau operator lainnya. Namun berdasarkan kebutuhan untuk regisrasi ulang dimana di Indonesia kini wajib melakukan pendaftaran kartu sim menggunakan data pribadi yang valid seperti Nomor Induk Kependudukan/No KTP dan Kartu Keluarga. Dan bagi pelanggan operator tri mewajibkan untuk memasukkan nomor ICCID juga.

Berikut ini 3 cara cek nomor Seri ICCID kartu tri dan operator lainnya :


1. Di bagian belakang bungkus Kartu Sim

cara mengecek nomor iccid kartu tri


Bila kita baru membeli sebuah kartu sim pasti akan terbungkus seperti gambar diatas. Dimana disitu berisi seperti penjelasan fitur,nomor yang harus kita hubungi untuk suatu keperluan layanan. Tawaran program yang dimiliki operator. Dan catatan dari nomor ponsel anda.

Namun tahukah anda bahwa di dalam kertas pembungkus tersebut juga ada nomor seri ICCID,letaknya ada di bagian belakang nomor posel anda. Biasanya berdampingan dengan logo barcode yang ada sepeti gambar berikut.

2. Pada bagian Cangkang Adapter Kartu Sim

cek nomor iccid di adapter sim


Pada dasarnya bentuk dari kartu sim cukup besar karena di lindungi dengan cangkang atau biasa di sebut adapater agar bagian utamanya tidak hilang atau rusak. Namun terkadang kita kurang memperhatikanbagian cangkang adapter tersebut. Kita hanya memotongnya untuk mengambil bagian utama dari chip sim seluler yang akan kita gunakan.

Padahal anda bisa melihat nomor seri ICCID pada bagian tersbut. Biasanya terletak di bawah tempat kartu sim utama terpasang. seperti gambar di bawah ini.

3. Melalui Kartu Sim

cara cek nomor iccid di belakang kartu sim


Mungkin belum banyak yang tahu bahwa dibagian belakang kartu sim seluler anda sudah tercetak rangkaian serial number ICCID. Terdapat beberapa rangkaian nomor ada mulai dari 13 angka sampai 20 angka,jumlah bisa berbeda tergantung operator.

Anda bisa melakukan pengecekan nomor seri ICCID kartu tri yang anda gunakan di bagian belakang sim seluler anda,begitu juga operator lainnya. Karena hampi semua pabrikan mendesain kartu sim dengan satu sisi untuk chip data dan satu sisi untuk nomor seri ICCID.

Bila anda baru membeli kartu sim tersebut mungkin masih mudah untuk melihat nomor seri ICCID anda,namun apa jadinya bila anda adalah pengguna lama dan saat ingin mengeceknya ternyata nomor yang tercetak sudah tergores sehingga tidak dapat dibaca lagi? silahkan anda baca di langkah yang selanjutnya.

4. Melalui Keterangan IMEI di Ponsel

nomor iccid dan imei


Anda juga bisa melakukan pengecekan nomor ICCID langsung dari pengaturan handphone anda,biasanya terletak pada informasi nomor IMEI. Anda bisa mencoba untuk membuka bagian informasi pada handphone anda untuk mengetahui nomor ICCID yang anda butuhkan. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka Pengathuran di Ponsel Anda
  • Cari Menu About atau Tentang Perangkat
  • Lalu pilih IMEI Information
  • Di dalamnya akan ada informasi tentang nomor IMEI dan ICCID yang terpasang di Ponsel Anda
Namun tidak semua ponsel mendukung fitur ini,beberapa pabrikan hanya akan menampilkan info tentang nomor IMEI saja. Lalu apa yang harus kita lakukan bila cara ini belum berhasil juga?
Kita lanjut ke langkah yang terakhir.

5. Menggunakan Aplikasi ICCID di Google Playstore

aplikasi nomor iccid android


Seperti yang kita tahu bahwa android merupakan sistem operasi paling canggih saat ini,dengan banyaknya pengguna dari ponsel android tentu saja membuat banyak pengembang yang selalu membuat aplikasi-aplikasi canggih. Salah satunya adalah aplikasi pengecek nomor seri ICCID.

Anda bisa mendownload aplikasi tersebut di Google Playstore melalui link berikut : Aplikasi pengecek nomor ICCID . Anda hanya perlu mendownloadnya lalu melakukan penginstalan. Dan bila sudah silahkan anda buka aplikasi tersebut. Akan ada 19 digit angka bisa kurang atau lebih tergantung operator seluler yang anda gunakan. Dan itu adalah nomor seri ICCID dari kartu sim anda.

Bagaimana? mudah bukan cara mengetahui nomor seri ICCID di kartu sim yang anda gunakan? . Mungkin beberpa tahun lalu fugsi serial number ini kurang di anggap penting dari sisi pengguna. Namun bila melihat kondisi saat ini sangatlah penting untuk mengetahui nomor ICCID khususnya pada kartu tri. Karena ini merupakan salah satu syarat untuk melakukan registrasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel