√Cara menginstal Driver Windows untuk Komputer dan Laptop dengan chipset Amd - dirga.id

Cara menginstal Driver Windows untuk Komputer dan Laptop dengan chipset Amd

AMD merupakan solusi terbaik bagi anda yang ingin mempunyai perangkat laptop atau komputer untuk gaming atau kegiatan grafis dengan kualitas grafik yang cukup bagus tanpa mengeluarkan banyak uang. Memang bila melihat dari segi kualitas dan performa Chipset Intel memiliki keunggulan seperti tidak mudah panas,memiliki kinerja yang cepat dan beberapa kelebiha lainnya. Namun bila ingin mencari perangkat komputer atau laptop dengan kualitas grafik yang bagus dan harga yang lebih murah maka AMD jawabannya.

cara-install-driver-windows-laptop-komputer-amd


Meski dari Segi kualitas AMD kalah dari Intel,dimana chipset AMD ini terkenal mudah panas,performa kecepatan proses data yang terlalu lambat,namun harga yang jauh lebih miring adalah alasan utama kenapa banyak pengguna yang menjatuhkan hatinya pada chipset ini.

Selain itu,hal yang paling banyak di keluhkan oleh orang yaitu susahnya mencari driver yang kompatibel. Sehingga terkadang membuat pengguna cukup pusing untuk mencarinya. Akan ada saat dimana anda membutuhkan Driver aplikasi. Mungkin saat anda selesai melakukan instal ulang Sistem Operasi sehingga membutuhkan Driver agar kommputer atau laptop anda bisa menjalankan semua fitur yang ada dengan baik.

Namun tak perlu khawatir disini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menginstal Driver untuk komputer dan laptop dengan chipset AMD yang benar.

1. Melalui Computer Management

Salah satu usaha yang bisa anda coba untuk mencari Driver yang sesuai untuk perangkat anda adalah melalui Compuuter Management. Mungkin sudah banyak yang tahu dengan fitur ini namun belum banyak yang mencobanya. Berikut ini cara menginstal Driver AMD melalui Computer Management :


  • Buka menu Start Windows
  • Klik kanan pada My Computer
  • Pilih Manage
  • Lalu pilih menu Device Manager
  • Di situ akan ada list perangkat dan driver yang harus anda install
  • Klik kanan pada perangkat yang drivernya belum terinstall
  • Pilih Scan For Hardware Changes ,ini untuk pengecekan pertama karena biasanya Driver sudah ada hanya berlum terpasang dengan baik
  • Bila belum terpasang juga,anda ulangi langkah-langkah tadi lalu Pilih Update Driver Software
Nanti Windows akan melakukan update driver secara online,lama waktu pemrosesan tergantung kecepatan dari koneksi internet anda karena driver akan di download melalui direktori online yang berhasil ditemukan oleh Windows.

2. Menggunakan CD Driver AMD

Biasanya bila anda membeli Bundling Komputer di sebuah Toko maka sudah jelas akan terinstal Sisrem Operasi,Software dan Driver yang dibutuhkan. Atau juga bisa melakukan request agar sesuai dengan apa yang anda mau sehingga anda tidak perlu bingung lagi dan bisa langsung menggunakan perangkat yang sudah anda beli.

Namun beda halnya bila anda membeli perangkat laptop,anda akan di bawakan sebuah kepingan CD yang berisi semua driver sesuai sistem operasi yang akan anda gunakan di Laptop. Anda cukup memasukkan CD ke CD Driver di Laptop dan mulai menginstall. Atau bisa juga meminta tolong pada Customer Service di Toko tempat anda membeli laptop.

Lalu bagaimana bila anda membeli komputer atau laptop AMD secara Second atau Bekas pemakaian orang? bila CD Driver masih ada dari pemilik pertama dan memberikan itu pada anda maka ini akan menjadi kabar baik untuk anda,karena akan mudah untuk menginstall driver.

Namun bila tidak ada maka sudah tidak ada kemungkinan untuk ini,karena di luar sana sulit menemukan penjual yang mempunyai CD Driver AMD.

3. Menggunakan Software Driverpack

Software Driverpack adalah sebuah perangkat lunak komputer yang berisi kumpulan driver-driver windows. Sejauh ini ada dua software paling populer untuk menginstal driver windows dari berbagai komputer atau laptop yaitu DriverPack Solutions dan EasyDriver.

Dalam proses penginstalannya anda hanya perlu menjalankan software ini,lalu perangkat anda akan di pindai selama beberapa waktu tergantung kecepatan proses yang dimiliki perangkat anda. Lalu akan tampil daftar dari driver yang harus anda instal. Anda cukup memilih tombol Install atau Next dan software tersebut akan menginstal driver apa saja yang dibutuhkan oleh Komputer dan Laptop AMD anda.

Bila anda masih bingung bagaimana caranya,bisa membaca di tutorial berikut : 4 Cara Instal Driver Windows 7 dengan benar dan cepat

4. Mendownload Driver secara Manual dari Situs Resmi AMD

Bila anda sudah mencoba 3 cara diatas namun belum juga berhasil maka anda perlu mencoba mendownload driver secara manual dari situs resmi AMD. Mungkin akan membutuhkan lama tergantung kecepatan internet yang anda miliki. Namun ini adalah cara terbaik yang bisa anda coba.

Anda bisa mendownload nya di situs AMD Drivers and Support ,anda cukup memasukkan tipe laptop atau komputer anda dan jenis sistem operasi yang anda gunakan. Maka nanti akan muncul daftar dari driver yang anda butuhkan dan silahkan anda mulai mendownloadnya.

Itulah 4 cara menginstal driver windows untuk komputer dan laptop dengan chipset AMD yang bisa anda coba. Memang untuk chipset AMD sedikit susah dalam mencari driver yang kompatibel. Namun dengan tutorial di atas anda akan mendapat cara yang benar untuk menginstal driver yang anda butuhkan tanpa kebingungan. Selamat Mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel