√Cara memasang script expired header untuk mempercepat loading blogger - dirga.id

Cara memasang script expired header untuk mempercepat loading blogger

cara-memasang-script-expired-header-leverege-browser-caching


Seperti yang kita tahu,bahwa blog yang cepat diakses akan sangat bagus untuk pengunjung,karena mereka akan betah untuk berlama-lama di blop kita. Apabila situs yang kita punya memiliki loading yang lambat dan sulit di akses maka pengunjung akan kabur dan beralih ke situs yang lain dan membuat blog kita menjadi sepi.


Baca Juga : Cara Memasang Script Lazy Load Blogger agar Loading Blog lebih cepat
Tentu kita tidak mau buka bila kehilangan visitor? Itulah sebabnya kita harus membuat blog kita seringan mungkin agar mempunyai waktu pemuatan yang cepat dan membuat pengunjung menyukainya. Selain itu algoritma google yang terbaru juga memprioritaskan situs dengan kecepatan load yang baik untuk tampil di rangkin teratas hasil pencarian.


Ketika kita mengecek kualitas situs kita melalui GTmetrix atau Google PagespeedInsight,pasti kita akan menemukan bahwa salah satu penyebab yang membuat blog kita menjadi berat adalah Leverage Browser Caching.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Leverage Browser Caching?


Leverage Browser Caching adalah fitur caching yang membuat pengguna dapat membuka suatu situs dengan cepat karena cache yang telah diunduh saat pertama kali membuka situs sudah ada di penyimpanan browser yang mereka gunakan.

Sehingga pengunjung tidak perlu mengunduh kembali karena sudah memiliki data statis yang tersimpan di browser mereka saat pertama kali mengakses situs kita.


Lalu bagaimana cara kerja Expired Header terhadap Leverage Browser Cahing?

Pada dasarnya ini cara kerja Expired Header  yaitu mengatur tanggal kadaluwarsa yang bersifat statis dalam header HTTP.  Yang memungkinkan browser memuat Source Code yang sudah diunduh sebelumnya saat pengguna mengunjungi suatu situs. Sehingga tidak perlu ada pengunduhan kedua kalinya dan blog dapat diakses lebih cepat.

Cache bekerja pada file-file yang ada di sebuah halaman web seperti CSS,Javascript,ataupun gambar dengan format .png .jpg ,gif dan ,ico .

Karena memang file jenis tersebut adalah data yang paling banyak membutuhkan pengunduhan,apalagi bila situs kita menggunakan banyak gambar dan hiasan yang memerlukan scrip css tertentu.

Baca Juga : Cara Memasang Tombol Load More Post Ringan Pengganti Page Navigation Blogger

Apa saja keuntungan memasang Script Expired Header?


- Meringankan Blog sehingga bisa diakses lebih cepat
- SEO Friendly- Mobile Friendly
- Mengatasi permasalahan Leverage Browser Caching yang menyebabkan skor buruk di GTmetrix

Banyak keuntungan yang anda dapatkan bukan? selain itu dengan mengoptimalkan kecepatan blog kita saat di akses mampu membuat pengunjung merasa lebih nyaman untuk berada di blog kita dan membaca setiap artikel menarik yang mereka sukai.

Baca Juga : 8 Cara optimasi dan mempercepat template VioMagz versi 3.0 terbaru

Bagaimana cara memasang Script Expired Header di blogger?

Pemasangannya sangat mudah,anda hanya perlu memasang sedikit code jQuery lalu menyimpannya di template blogger yang anda gunakan. Anda hanya perlu mengetahui pemrograman dasar saja.

Namun anda mungkin belum tahu cara melakukannya,atau masih merasa bingung. Maka dari itu di harapkan anda mengikuti tuturial memasang script expired header ini dengan benar.



Berikut ini cara memasang script expired header untuk mempercepat loading blogger :


1. Buka Blogger.com dan masuk ke akun anda


masuk-ke-akun-blogger-anda-dengan-gmail


2. Masuk ke menu Tema > Lalu klik Edit HTML


masuk-ke-menu-tema-klik-edit-html


3. Cari kode berikut


</head> atau &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt;


4. Copy lalu paste script di bawah ini tepat diatas kode yang tadi

<include expiration='7d' path='*.css'/>
<include expiration='7d' path='*.js'/>
<include expiration='3d' path='*.gif'/>
<include expiration='3d' path='*.jpeg'/>
<include expiration='3d' path='*.jpg'/>
<include expiration='3d' path='*.png'/>
<include expiration='1d' path='*.ico'/>
<meta http-equiv="expires" content="sat, 02 jun 2020 00:00:00 GMT"/>


5. Lalu klik Simpan Tema

Itu tadi cara memasang script expired header untuk mempercepat loading blogger,bagaimana? mudah bukan? .Namun perlu anda ketahui bahwa script ini tidak langsung bekerja saat itu juga. Perlu Waktu setidaknya 1 minggu hingga Expired Header benar-benar berfungsi.


Baca Juga : Cara Memasang Tombol Load More Post Ringan Pengganti Page Navigation Blogger

Itu karena masing-masing jenis file yang di-"kadaluwarsa"-kan memili waktu caching yang berbeda,bisa dilihat pada script tadi dibagian <include expiration='(angka)d" path='*(formatfile')/> yang artinya jumlah angka sebelum huruf 'd" pada include expiration adalah jangka waktu ( hitungan hari,karena D artinya Day ) yang di butuhkan untuk memproses caching sedangkan format file yang ada di path adalah penegasan dari file mana yang harus di proses cachenya dalam jangka waktu tadi.

Itulah sebabnya anda lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum menerapkan script ini dengan GTmetrix lalu satu minggu anda melakuka cek ulang agar anda benar-benar yakin bahwa ini bekerja dengan baik.

Terimakasih sudah membaca tutorial tentang cara memasang script expired header,semoga blog anda bisa semakin cepat di akses,bertambah SEO dan mampu bersaing di SERP. Selamat mencoba

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel